CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, 07 Maret 2009

HiMagz 11: 10 PRIA PALING KHARISMATIK DI FISIP UNIB


September 2007 September 2007

September 2007

Kalau chart bulan-bulan sebelumnya aku membuat daftar yang sesuai dengan seleraku (subjektif), mulai September aku melakukan polling biar chart yang dihasilkan nominatornya sesuai dengan selera publik. Belum lagi, pembaca menilai chartku sebelumnya kurang objektif.

Sekarang aku sadar. Tak mungkin aku membuat sebuah daftar yang aku banget. Dari bulan ke bulan, chart yang aku rilis makin banyak pembacanya. Dari angkatan 2003 sampai angkatan 2007. Demi menjaga objektivitas, ekslusivitas dan emosi pembaca, bulan ini aku melakukan POLLING. Polling diambil karena merupakan cara yang paling ampuh untuk mengakomodasi pendapat para “penikmat chart” ini.

Aku melakukan polling pada 26-28 September 2007 untuk menentukan siapa nominator dari empat chart bulan ini. Aku berhasil melakukan polling kepada 50 mahasiswa Komunikasi secara acak. Masing-masing 22 orang angkatan 2006, angkatan 2007 (12), angkatan 2005 (11) dan 5 orang angkatan 2004. masing-masing responden berhak memilih maksimal 3 orang dan minimal tidak ada, untuk tiap2 kategori.

Dari pendapat 50 orang itu (yang menurutku sudah mewakili Mahasiswa IKom secara keseluruhan) ditentukanlah suara terbanyak untuk masing-masing chart/ award. Ada juga nominator yang suaranya sama. Untuk mamilih siapa yang paling tinggi urutannya, aku minta pandapat Liza dan pendapat orang lain.


Banyak juga responden yang mengosongkan jawabannya untuk suatu kategori tertentu. Mereke bilang “Nggak ada orang kharismatik/ anggun/ cantik/ tampan di Komunikasi. Jadi aku kosongkan.” Tetapi tak apa-apa. Ini bagian dari demokrasi. Ada yang “no comment”, ada juga yang memberikan lebih dari satu kandidat.

Maka tak heran, dari masing-masing kategori mempunyai banyak nominator. Untuk chart paling kharismatik ada 38 nominator, 23 untuk “tampan”, 27 untuk “cantik” dan 24 untuk “anggun”. Wajar kalau orang yang mengumpulkan suara terbanyak mendapatkan suara yang “tidak sampai 20 suara”. Karena itu tadi, semua responden punya pendapat berbeda-beda. Nominator semakin banyak, tapi suara semakin terbagi-bagi.

Demi kerahasiaan hasil polling, aku hanya mengetengahkan 10 orang yang duduk di peringkat 1-10. Sedangkan nominator yang namanya tak masuk 10 besar akan dirahasiakan. Masing-masing “big ten” kuberi komentar pribadi. Aku cuma memberi komentar saja, aku tidak andil dalam pengambilan suara. Bacalah dengan teliti list bulan ini. Berbahagialah bagi yang masuk chart. (Dayat Hilton)


10 PRIA PALING KHARISMATIK DI FISIP UNIB


Ada dua pengertian kharisma menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pertama, “keadaan atau bakat yang dihubungkan dengan kemampuan yang luar biasa dalam hal kepemimpinan seseorang untuk membangkitkan pemujaan dan rasa kagum dari masyarakat terhadap dirinya”. Kedua, “atribut kepemimpinan yang didasarkan atas kualitas kepribadian individu”.

Sedangkan kharismatik adalah orang yang memiliki kharisma. Masalahnya kini adalah siapa saja pria yang masuk kategori pria paling kharismatik di FISIP Unib? Inilah hasil polling terhadap 50 responden.


  1. Alfaraby (Abay) (Dosen IKom)

@jumlah suara: 17

@komen:

tak salah dia menjadi jawara dalam chart ini. Saat mengajar di kelas, karismanya berpendar dan “memaksa” mahasiswa yang diajarnya (terutama cewek) memberikan pemujaan dan rasa kagum padanya. Yang patut disayangkan adalah saat doi melontarkan joke ataw guyonan, karisma doi turun frekuensinya. Saat doi serius, karismanya akan menguat dan mengalahkan pesona orang lain tersebut sebagai “keberadaan yang tiada”

  1. Nofiar Jakananda (Mahasiswa IKom Angkatan 2006)

@jumlah suara: 12

@komen:

bakat kepemimpinannya terlihat (walau tak begitu jelas) saat doi melontarkan pendapat di tengah umum. Walau komentar dan ucapannya tak begitu “waw”, yang pasti responden menempatkannya di posisi runner up. Atau mungkin juga karisma doi didukung penuh oleh wajahnya yang “bening” banget sehingga doi mampu bercokol di chart ini. Tapi, back to basic, ini pilihan responden

  1. Adrika (Mahasiswa IKom Angkatan 2005)

@jumlah suara: 9

@komen:

akan sangat mengganggu dan bikin sesak napas kalau seandainya doi tidak masuk daftar ini. Jelas-jelas kharismanya luar biasa banget. Lewat kharisma pula yang mengantarkannya menjadi Ketum HIMIKOM 2007/2008. Karisma adalah amunisi utamanya dalam pemilihan Ketum, di samping bakat kepemimpinan yang sudah dianugerahkan Tuhan kepadanya sejak doi lahir. He was born to be a leader!

  1. Bayu Pratama Putra (Mahasiswa IKom Angkatan 2005)

@jumlah suara: 4

@Komen:

entah kenapa doi bertengger di daftar ini. Kalau menilik pengertian kharismatik secara harfiah, rasanya doi tidak termasuk orang yang berhak masuk chart ini. Tapi, kalau melihat aura yang ia miliki, rasanya sah-sah saja doi masuk list ini. Kharismanya muncul justru saat dia tidak ngomong apa-apa

  1. Andi Makhrian (Dosen IKom)

@jumlah suara: 3

@komen:

semakin bapak ini serius ngajar, kharismanya semakin terpancar

  1. Bangga Juang (Mahasiswa Administrasi Negara Angkatan 2006)

@ jumlah suara: 3

@komen:

mungkin karena responden mengkorelasikan antara kharismatik dan tampan, makanya doi masuk chart ini. Jujur, ketampanannya membuat doi hanya dinilai secara fisik aja, serta menenggelamkan kelebihan personalitas yang lainnya. Mungkin ia emang kharismatik, tapi itu tadi, kharismanya tertutupi oleh kerupawannanya. But, inilah hasil polling. Take it or leave it!

  1. Ronnie (Mahasiswa Kesejahteraan Sosial)

@jumlah suara: 3

@komen:

sekali lagi aku sebagai komentator menyaksikan pilihan responden. Untuk lebih amannya, cari tau sendiri di mana letak karisma pria berkacamata ini. Yang jelas aku tidak terlibat dalam polling

  1. Antonius (Mahasiswa IKom Angkatan 2002)

@jumlah suara: 2

@komen:

saat dia berpidato atau berkoar-koar tentang organisasi dan Prodi IKom Unib, saat itu pula karismanya timbul. Bakat kepemimpinannya sudah terbukti saat doi jadi Ketum HIMIKOM 2004/2005. Segan dan respek aja liat dia ngomong

  1. Raflez (Mahasiswa IKom Angkatan 2005)

@jumlah suara: 2

@komen:

baik ketika doi berbicara maupun saat doi tidak melakukan apa-apa karismayna sudah terlihat jelas. Betapa “meragukan”-nya chart ini kalau seandainya doi tidak termasuk di dalamnya

  1. Rio Mamang (Mahasiswa IKom Angkatan 2004)

@jumlah suara: 2

@komen:

orang-orang akan memberikan perhatian lebih ketika dia bicara. Suka aja kalo liat dia ngomong, ada perasaan segan ketika berhadapan dengan doi. Ini sisi lain dari karisma yang ia punyai



0 comments: